Langsung ke konten utama

Perbedaan Pomade Oil Based dan Water Based


Secara umum ada 2 perbedaan kategori Pomade Rambut yaitu Pomade Oil Based dan Pomade Water Based. Kualitas dari tiap jenis Pomade kembali kepada pilihan pribadi, yang tentunya juga mempertimbangkan dari jenis rambut yang Anda miliki. Jika Anda baru pertama kali memakai Pomade dan tidak tahu harus pakai yang mana, maka di sini akan kami ulas perbedaan dari Pomade Oil Based dan Pomade Water Based sehingga Anda nantinya bisa menentukan Pomade jenis apa yang cocok untuk Anda sendiri.


Apa sih Pomade?
Pomade adalah produk untuk rambut yang biasanya mengandung minyak atau mengandung lilin dan bisa dipakai untuk membentuk gaya rambut yang kita inginkan. Pomade sendiri dibagi menjadi 2 jenis yaitu Pomade Oil Based dan Water Based. Setiap pomade memiliki perbedaan dalam hal kilau, tingkat minyak, tekstur dan ketahanan. Pomade sendiri di gunakan selama bertahun – tahun baik oleh pria maupun wanita. Produk untuk rambut seperti Pomade menjadi sangat populer dari tahun 1920 sampai 1950. Kelompok orang – orang ini dipengaruhi oleh rock and roll idol Elvis Presley yang memang menggunakan Pomade untuk menyempurnakan penampilannya. Berikut kami ulas mengenai Perbedaan Pomade Oil Based dan Pomade Water Based, beserta kelebihan dan kekurangan masing - masing jenis Pomade dan rekomendasi Produk Pomade aman yang telah lulus uji BPOM.
POMADE OIL BASED
Pomade Oil Based merupakan pomade tradisional yang sudah digunakan selama bertahun – tahun. Untuk mengetahui jenis Pomade Oil Based, lihat pada bagian bahan atau komposisi pomade. Jika tertulis petrolatum, petroleum jelly, soft paraffin, atau mineral oil maka masuk golongan Pomade Oil Based. Mineral Oil atau Minyak Mineral menjadikan rambut halus dan lembut serta membantu melawan efek berbahaya pada rambut. Sedangkan Petroleum jelly, petrolatum, petrolatum putih, soft paraffin / paraffin wax atau multi-hydrokarbon adalah campuran semi-solid hydrokarbon yang lebih di kenal sebagai salep penyembuhan. Pomade jenis ini juga susah larut dengan air. Jika sudah keramas memakai shampo masih terdapat sisa di rambut maka gunakanlah air hangat dan shampo untuk menghilangkan sisa Pomade yang membandel.
Kelebihan Pomade Oil Based
Salah satu produk versi tradisional untuk Pomade rambut karena hanya sedikit mengandung bahan kimia daripada Pomade Water Based yang lebih modern. Sementara kualitas dan konsistensi dari Pomade beragam dari produk satu dengan produk yang lain, tipe Pomade Oil Based sendiri tidak pernah kering, dan bisa di tata ulang. Kelebihan lain dari Pomade Oil Based adalah variannya yang beragam. Beberapa produk menghasilkan kilau ( shine ) maksimal sementara kilau yang dihasilkan produk lain bisa bersifat menghaluskan rambut. Ada juga Pomade yang khusus untuk Ketahanan / Hold. Beberapa produk Pomade bisa menciptakan Ketahanan / Hold yang sangat kaku atau kuat sementara produk lain Ketahanan / hold tidak terlalu kuat / kaku. Memang Pomade Oil Based susah di bilas namun cukup hemat karena esok harinya tidak perlu mengoles atau menambah Pomade lagi.
 
Kekurangan Pomade Oil Based
Seperti bahasan di atas, di bandingkan Pomade Water Based dan Produk hairstyling lainnya, Pomade Oil Based cukup susah untuk di bersihkan. Jerawat juga bisa menjadi efek lain jika tidak berhati – hati ketika mengoleskan Pomade. Anda lebih mungkin rentan terhadap jerawat jika masih pertama kali pemakaian.
Tips : Untuk mencegah munculnya jerawat karena Pomade Oil Based, gunakan kain lap atau handuk lembab untuk menghilangkan pomade dari dahi, wajah atau sekitar garis rambut.
Produk Pomade Oil Based terbaik :
  1. Pomade Murray’s Beeswax
  2. Pomade Murray’s Black Beeswax
  3. Pomade Murray’s Exelento
  4. Pomade Murray’s Hair Glo
  5. Pomade Murray’s Nu Nile
  6. Pomade Murray’s Small Batch
  7. Pomade Murray’s Superior
  8. Pomade Murray’s Superlight
  9. Pomade Murray’s Xtra Heavy
Pomade Water Based
Pomade Water Based merupakan versi modern dari Pomade Oil Based yang lebih dulu populer pada tahun 1920an – 1950an. Biasanya di bagian komposisi atau bahan dasar terdapat bahan Water ( Air ). Terkadang terdapat juga tulisan “water - soluble” ( larut dalam air ).
Kelebihan Pomade Water Based
Salah satu kelebihan utama menggunakan Pomade Water Based daripada Pomade Oil Based adalah kemudahannya membilas hanya dengan air saja. Sama dengan Pomade Oil Based, Pomade Water Based sendiri punya beragam varian dari segi kilau ( shine ), ketahanan ( hold ). Jika di musim kemarau sebaiknya menggunakan Pomade Water Based karena memiliki kemampuan mengering dan bisa di rubah bentuk rambut sesuai keinginan kita. Kelebihan lainnya yaitu kemunculan jerawat berkurang karena tingkat minyaknya sangat sedikit, meskipun tiap orang punya jenis kulit yang berbeda.
Kekurangan Pomade Water Based
Ada 2 aspek negatif ketika kita memilih Pomade Water Based. Pertama, bahan dasar yang terkandung dalam Pomade Water Based formulanya lebih komplek sehingga Pomade Water Based biasanya lebih mahal di banding Pomade Oil Based. Tentunya harga akan bervariasi antara merk yang satu dengan merk lainnya tapi umumnya Pomade Water Based lebih mahal. Kedua, Pomade Water Based biasanya tidak tahan lama seperti Pomade Oil Based karena bisa dicuci hanya dengan sekali bilas sehingga harus mengoleskan Pomade Water Based lagi ke esokan harinya.
Tips : untuk menata ulang rambut, cukup beri sedikit air dan rubahlah rambut seperlunya.
Produk Pomade Water Based terbaik :
  1. Pomade Murray’s Dluxe Grooming Creme
  2. Pomade Murray’s Edgewax
  3. Pomade Murray’s Edgewax Extreme
  4. Pomade Murray’s La em Strait
  5. Pomade Oh Man
  6. Pomade Barbers Pomade Stong Hold
Dalam bahan dasar Pomade kita kerap kali menemukan bahan seperti Beeswax ( lilin lebah ), Olive Oil ( Minyak Zaitun ), Air dan lain - lain. Berikut manfaat beragam bahan tersebut.
Beeswax atau lilin lebah adalah Lilin yang di sekresikan dengan lilin lebah. Jika di aplikasikan ke rambut maka akan menjadikan rambut lebih kesat, namun agak susah di oleskan jika terlalu pekat.
Olive Oil atau Minyak Zaitun adalah produk alami yang membantu menjaga kelembapan pada kulit kepala serta mampu menghangatkan sehingga memperlancar peredaran darah di kulit kepala. Sedangkan air sendiri bermanfaat sebagai pelarut.
Aloe Vera atau Lidah Buaya merupakan produk alami yang bersifat menyembuhkan dan menyejukkan serta membantu melawan ketombe dan kerontokan rambut.
Coconut Oil atau Minyak Kelapa adalah produk alami yang bermanfaat mendinginkan dan menenangkan, menjaga kelembapan dan rambut yang terpapar sinar matahari.
Lanolin merupakan produk alami dari wol domba yang mampu menjadikan rambut halus dan lembut serta menjadikan rambut bervolume dan berkilau.
Tags: bpom, murray's pomade, pomade, pomade murray, pomade rambut, pomade terbaik, pomade termahal, pomade water based, pomade yang bagus


Komentar

Postingan populer dari blog ini

3 Varian Lipstik Wardah Dan Lipstik Purbasari Yang Wajib Sista Miliki

Tampil cantik dambaan setiap wanita dan lipstik sendiri mempunyai peranan penting dalam penampilan. Benda mungil bernama lipstik ini memang tak bisa lepas dari keseharian wanita. Pemilihan warna dan bahan lipstik yang tepat tentu menjadi salah satu alasan utama Anda dalam memilih lipstik. Berikut kami rekomendasikan 5 lipstik BEST SELLER yang wajib Anda miliki untuk menyempurnakan penampilan. Lipstik yang pertama merupakan label keluaran amerika, Lipstik NYX. Produk NYX sendiri di didirkan oleh seorang wanita muda di tahun 1999 yang lambat laun berkembang menjadi perusahaan besar dan dibeli oleh L’oreal. Varian unggulan dari Lipstik NYX salah satunya 1. NYX SOFT MATTE LIP CREAM Lipstik NYX merupakan lipstik juga lip gloss, Lipstik NYX merupakan varian baru pewarna bibir yang lembut dan menghasilkan warna matte (tidak mengkilap). Lipstik NYX pun terkenal tahan lama dan Lipstik NYX tidak seperti formula lipstik matte lainnya, karena Lipstik NYX juga mampu melembabkan. Seju

Lipstik Purbasari

Varian lipstik berikutnya memang sudah tak asing lagi bagi para wanita Indonesia. Ya, Lipstik Purbasari yang sering diburu kaum hawa ini cukup populer dengan varian warnanya yang lembut. Lipstik Purbasari sendiri keluaran PT. Gloria Origita Cosmetics. Salah satu produk Lipstik Purbasari yang cukup populer adalah Lipstik Purbasari Matte. Lipstik Purbasari Matte Lipstik Purbasari matte berikut ini punya keunggulan tahan lama di bibir atau warna dari Lipstik Purbasari tidak mudah pudar, warna yang dihasilkan juga tidak glossy atau tidak mengkilap , Lipstik Purbasari terasa ringan di bibir, dan melembapkan Bibir karena kandungan squalane dan beeswax. Lipstik Purbasari juga mengandung antioksidan dari vitamin E yang membantu melindungi bibir dari efek buruk sinar matahari. Warna Lipstik Purbasari yang begitu lembut juga mampu mempercantik penampilan Anda. Namun warna lipstik yang cocok untuk warna kulit akan semakin menunjang penampilan Anda. Berikut tips singkat memilih warna Li

Lipstik Wardah Matte

Sedang mencari lipstik matte yang nyaman dan aman dipakai? Lipstik Wardah Matte ( WARDAH INTENSE MATTE LIPSTICK ) bisa jadi salah satu rekomendasi make up untuk Anda yang ingin tampil cantik. Terbuat dari bahan yang tentunya halal dan dilengkapi dengan moisturizer yang lebih banyak, Lipstik Wardah Matte bertekstur creamy ini akan terasa ringan dan lembut di bibir sehingga tidak menjadikan bibir kering. Lipstik Wardah Matte juga mempunyai kombinasi highly pigmented color yang mampu mempercantik bibir cukup dalam satu olesan saja. Selain itu, Lipstik Wardah Matte ini juga diklaim bisa tahan hingga 10 jam, jadi tidak perlu sering - sering touch up. Komposisi Lipstik Wardah Matte : Octyldodecyl Stearoyl Stearate, Cyclomethicone, Beeswax*, Methyl Methacrylate Crosspolymer, Dimethicone, Octyldodecanol, Candelilla (Euphorbia Cerifera) Wax, Mica, Carnauba (Copernicia Cerifera) Wax, Ozokerite, BHT, Propylparaben**, Squalane, Tocopheryl Acetate, Hydrogen Dimethicone, Fragrance,